Fungsi media dalam
pembelajaran
Media memiliki
beberapa fungsi, diantaranya:
Ø Mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh para peserta
didik.
Ø Dapat melampaui batasan ruang kelas. 7Memungkinkan adanya interaksi
langsung antara peserta didik dengan lingkungannya.
Ø Menghasilkan keseragaman pengamatan Dapat menanamkan konsep dasar yang
benar, konkret, dan realistis
Ø Media membangkitkan keinginan dan minat baru
Ø Media membangkitkan motivasi dan merangsang anak untuk belajar
Ø Memberikan pengalaman yang integral/menyeluruh dari yang konkret sampai
dengan abstrak.
Anggani
Sudono mengemukakan bahwa fungsi media pembelajaran/sumber belajar:
Ø Memberikan kesempatan berasosiasi kepada anak untuk mendapatkan dan
memperkaya pengetahuan dengan menggunakan berbagai alat, buku, narasumber atau
tempat.
Ø Meningkatkan perkembangan anak dalam berbahasa melalui komunikasi
dengan mereka tentang hal-hal yang berhubungan dengan sumber belajar.
Secara rinci,
fungsi media dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut:
Ø Menyaksikan benda yang ada atau eristiwa yang terjadi pada masa lampau.
Dengan perantaraan gambar, potret, slide, film, video, ataumedia yang lain,
siswa dapat memperoleh gambaran yang nyata tentang benda/peristiwa sejarah.
Ø mengamati benda/peristiwa yang sukar dikunjungi, baik karena jaraknya
jauh, berbahaya, atau terlarang. Misalnya, video tentang kehidupan harimau di
hutan, keadaan dan kesibukan di pusat reaktor nuklir, dan sebagainya.
Ø memperoleh gambaran yang jelas tentang benda/hal-hal yang sukar diamati
secara langsung karena ukurannya yang tidak memungkinkan, baik karena terlalu
besar atau terlalu kecil. Misalnya dengan perantaraan paket siswa dapat
memperoleh gambaran yang jelas tentang bendungan dan kompleks pembangkit
listrik, dengan slide dan film siswa memperoleh gambaran tentang bakteri,
amuba, dan sebagainya.
Ø mendengar suara yang sukar ditangkap denga telinga secara langsung.
Misalnya, rekaman suara denyut jantung dan sebagainya.
Ø mengamati dengan teliti binatang-binatang yang sukar diamati secara
langsung kerena sukar ditangkap. Dengan bantuan gambar, potret, film atau video
siswa dapat mengamati berbagai macam serangga, burung hantu, kelelawar, dan
sebagainya.
Ø mengamati peristiwa-peristiwa yang jarang terjadi atau berbahaya untuk
didekati. Dengan slide, film, atau video siswa dapat mengamati pelangi, gunung
meletus, pertempuran, dan sebagainya.
Ø mengamatin dengan jelas benda-benda yang mudah rusak/sukar diawetkan.
dengan menggunakan model/benda tiruan siswa dapat memperoleh gambaran yang
jelas tentang organ-organ tubuh manusia seperti jantung, paru-paru, alat
pencernaan, dsb. dengan mudah membandingkan sesuatu. Dengan bantuan gambar,
modelatau foto siswa dapat dengan mudah membandingkan dua benda yang berbeda
sifat ukuran, warna, dsb.
dapat melihat
secara cepat suatu proses yang berlangsung secara lambat.
Dengan video,
proses perkembangan katak dari telur sampai menjadi
katak dapat diamati
hanya dalam waktu beberapa menit. Bunga dari
kuncup sampai mekar
yang berlangsung beberapa hari, dengan
bantuan film dapat
diamati hanya dalam beberapa detik.
dapat melihat
secara lambat gerakan-gerakan yang berlangsung secara
cepat. Dengan
bantuan film atau video, siswa dapat mengamati
dengan jelas gaya
lompat tinggi, teknik loncat indah, yang disajikan
secara lambat atau pada
saat tertentu dihentikan.
mengamati gerakan-gerakan mesin/alat yan sukar
diamati secara
langsung. Dengan
film atau video dapat dengan mudah siswa
mengamati jalannya
mesin 4 tak, 2 tak, dsb.
melihat bagian-bagian yang tersembunyi dari
suatu alat. Dengan diagram,
bagan, model, siswa
dapat mengamati bagian mesin yang sukardiamati secara langsung.
melihat ringkasan dari suatu rangkaian
pengamatan yang panjang/lama.
Setelah siswa
melihat proses penggilingan tebu atau di pabrik gula,
kemudian dapat
mengamati secara ringkas proses penggilingan tebu
yang disajikan
dengan menggunakan film atau video (memantapkan
hasil pengamatan) dapat menjangkau audien yang besar jumlahnya
dan mengamati suatu
objek secara
serempak. Dengan siaran radio atau televisi ratusan
bahkan ribuan
mahasiswa dapat mengikuti kuliah yang disajikan
seorang profesor
dalam waktu yang sama.
dapat belajar sesuai dengan kemampuan, minat,
dan temponya masingmasing. Dengan modul atau pengajaran berprogram, siswa dapat
belajar sesuai
dengan kemampuan, kesempatan, dan kecepatan
maisng-masing.
zc584 la sportiva shoes australia,lasportivaportugal,dr martens budapest,sanuk dublin,la sportiva klätterskor,sanukschoenen,sperry australia,dr.martens boots,la sportiva danmark qz021
BalasHapus